Sabtu, 18 September 2010

Jangan Bersedih Kawan !!!

Perjalanan hidup kadang memberikan berjuta warna pada setiap insan. Warna-warna yang dihasilkan, tidaklah selamanya sama dengan warna sebagaimana diinginkan. Kadang kita menginginkan warna cerah namum yang terjadi adalah warna suram dan kelam. Namun, begitulah hidup sebenarnya. Tak selamanya, apa yang kita harapkan sesuai dengan yang kita harapkan.
Disinilah perlunya suatu pola pikir yang selalu mengedepankan ketepatan dan bukan hanya sekedar kebenaran. Benar belumlah tentu tepat, tapi sesuatu yang tepat sudah pasti suatu kebenarand dan akan mampu memberikan hasil yang cukup memuaskan, baik demi diri sendiri maupun demi lingkungan sekitar kita.
Namun, kadangkala kita sering berpikiran sempit dan hanya memandang bahwa hidup haruslah benar sesuai dengan yang kita impikan atau bayangkan. Saat impian dan bayangan tidak sesuai dengan kenyataan, maka kita menganggap telah menjadi insan yang gagal dan pantas untuk dikasihani serta perlu pula menitikkan air mata. Bahkan, kadangkala kita berusaha untuk membangun suatu komuniti dan mengajak insan lain turut serta dalam tetesan air mata yang kita bangun.
Pantaskah kita menitikkan air mata untuk sesuatu yang tidak kita inginkan?
Dalam beberapa hal mungkin ini boleh saja kita laksanakan, tapi percayalah, dunia tidak akan berubah seiring dengan air mata yang kita tumpahkan. Dunia akan berjalan sesuai dengan kehendaknya sendiri dan bukan sejalan dengan kehendak kita. Kita hanyalah kumpulan dari insan yang telah memiliki takdir dan jalan hidupnya sendiri. Setiap insan memiliki jalannya masing-masing, baik itu suka maupun duka. Semuanya hanyalah bagian daris etiap perjalanan yang harus kita hadapi.
Tak kan ada guna air mata. Tak kan ada guna larut dalam kesedihan. Perjalanan hidup yang akan kita lalui masih menyisakan berjuta cerita gembira dan warna cerah yang akan terus mendatangi dan mewarnai hidup kita.
Janganlah terlalu larut dalam kesedihan dan duka. Sedih dan duka hanya sebagian kecil dari tawa dan bahagia yang harus kita jalani di atas dunia ini.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar